Bondol Hitam – Lonchura ferruginosa ferruginosa Sparrm

Bondol Hitam – Lonchura ferruginosa ferruginosa Sparrm

Burung bondol hitam disebut juga bondol (Jawa) atau pipit (Sumatera). Ada juga jenis lainnya, yaitu bondol uban (Lonchura maya) atau silopak (Tapanuli). Burung ini selalu menjadi intaian alap – alap yang siap menerkam sebagai santapannya. Bondol hitam betina bertelur 4 sampai 7 butir. Musim mengeram pada bulan – bulan Januari,April, Juni, dan Desember. Bondol hitam banyak terdapat di Jawa, Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Di luar negeri juga terdapat di Indocina, Filipina, Malaysia, dan India.

Warna bulu badannya merah karat, sedang bagian tubuhnya yang lain berbulu hitam. Tetapi bondol hitam di Jawa dan Bali justru putih kepalanya. Paruhnya kokoh, pendek dan berwarna semu abu – abu. Rupa bondol uban tidak jauh berbeda dengan bondol hitam. Bondol uban, dadanya merah kecoklat – coklatan. Matanya coklat kehitam – hitaman.

Bondol Hitam – Lonchura ferruginosa ferruginosa Sparrm

Hidupnya berkawan seperti burung gelatik. Mereka membuat sarangnya berbentuk bundar, di sampingnya terdapat lubang untuk keluar-masuk. Sarangnya tidak terlalu tinggi dari tanah, dan terdapat di tempat yang ditumbuhi rumput tinggi seperti alang – alang.
Makanannya padi dan biji rumput – rumputan. Jika padi sudah mulai kuning mereka menyerbu persawahan, sehingga mayang – mayang padi pun ikut patah


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bondol Hitam – Lonchura ferruginosa ferruginosa Sparrm"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel