Prinjak – Prinia familiaris

Prinjak – Prinia familiaris

Burung prinjak memiliki ekor yang ujung bulunya bertingkat. Sayapnya pendek tetapi kakinya panjang dan paruhnya yang runcing itu sangatlah kuatnya. Bentuk tubuhnya kecil sebesar kutilang. Burung ini terdapat di Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera.
Warna bulu kepala, leher, dan bagian samping dadanya kelabu,dihiasi garis putih berbentuk alis. Punggungnya berwarna kelabu tua atau hijau zaitun. Sayapnya semu coklat, dan bulu tutup sayapnya pun coklat, tetapi dihiasi bercak-bercak putih. Bulu dagu, pipi, dan dada putih warnanya, sedangkan bulu pada perutnya kuning muda seperti warna belerang. Paruh bagian atas hitam, bawahnya putih, dan pada ujung paru tersebut berwarna kesumba.

Prinjak – Prinia familiaris

Hidupnya di dalam kebun yang tumbuh semak-semak. Sambil berloncat-loncat dari cabang ke cabang, mereka menangkap serangga-serangga kecil. Bila udara terasa panas, burung-burung ini hanya berjalan-jalan di tanah di tempat yang sepi. Namun orang-orang yang ingin menangkapnya akan mengetahui dimana burung prinjak berada, karena burung ini suka bernyanyi dengan kicauannya yang khas. Sarangnya dibuat diantara cabang-cabang yang tidak begitu tinggi dari tanah.

Makanannya ulat, larva, dan serangga. Sebab itu burung prinjak secara tidak langsung membantu petani.  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Prinjak – Prinia familiaris"

  1. Ha ha ha.. ini ni burung yang badannya kecil dengan suara yang memekakan telinga..

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel