Burung Alap-Alap Tikus - Elanus hypoleucus

Burung Alap-Alap Tikus disebut juga alap-alap bangkong, heulang ruyuk, atau rayok di Jawa Barat. Burung Alap-Alap tikus memiliki nama latin Elanus hypoleucus dari keluarga Accipitridae. Terdapat beberapa jenis alap-alap burung yaitu Accipiter virgatus ; alap-alap ginyeng, alap-alap macan atau alap-alap singa Falco severus.

Burung Alap-Alap Tikus - Elanus hypoleucus
Jenis burung ini membuat sarangnya di pohon yang tinggi, pada cabang horisontal. anak-anak alap-alap tikus yang mulai meninggalkan sarangnya, bersembunyi dalam semak-semak rumput yang berdaun tinggi. Alap-alap tikus banyak terdapat di daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Ambon.

Warna bulu badannya putih, sayap bagian tengah abu-abu dan bagian ujungnya berwarna hijau. sedangkan bagian lainnya putih. Karena warna bulu badannya itu serta gerak terbangnya yang demikian sehingga nampaknya seperti burung walet laut. Hidupnya di sawah-sawah, ketika manusia panen padi segera ia melayang-layang dan mengintai tikus-tikus di persawahan sebagai mangsanya sergapannya cepat dan tepat, oleh karena itu burung ini berguna bagi petani. Selain tikus burung ini juga makan serangga dan binatang melata kecil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Burung Alap-Alap Tikus - Elanus hypoleucus"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel