Gelatik – Padda oryzivora L

Gelatik – Padda oryzivora L

Gelatik adalah jenis burung yang paling dikenal di Indonesia. Ia disebut juga galatik (Sunda), gladik, jelantik (Sumatera). Seperti perkutut, burung gelatik juga banyak dipelihara orang. Ukuran badannya hampir sama besar dengan burung gereja. Gelatik banyak terdapat di daerah Jawa, Sumatera, Bali, dan beberapa daerah lainnya. Burung ini juga di ekspor ke Asia, Eropa, dan Amerika.Waran bulu bagian badannya abu-abu, perutnya merah coklat. Kepala, leher dan ekornya hitam. Bulu pada pipi putih, paruh dan kakinya merah kecoklat-coklatan.
Hidupnya di tempat-tempat pemukiman penduduk. Gerombolan gelatik sering menyerbu tanaman padi yang sedang menguning. Sebab itu pak tani membuat boneka orang-orangan dengan mengenakan baju dan dilengkapi tongkat. Boneka tersebut dipasang di tengah-tengah sawah untuk mengusir burung-burung gelatik. Burung gelatik sangat takut dengan suara teriakan atau letusan senjata. Karena itu pak tani mengusir burung tersebut sambil berteriak-teriak di tengah dangau.

Padda oryzivora L

Burung gelatik bertelur 6 – 8 butir di sarangnya yang terbuat dari rumput-rumputan. Setelah dierami selama dua minggu menetaslah anak-anaknya.

Makanannya padi dan biji rumput-rumputan. Anaknya yang kecil makanannya serangga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gelatik – Padda oryzivora L"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel