Burung Enggang Musim – Rhytidoceros undulatus

Enggang Musim – Rhytidoceros undulatus


Sebutan lain untuk Burung Enggang Musim adalah Julang (Jawa Barat). Panjang badannya berukuran 90 – 100 cm. Kulit telurnya putih, burung ini dapat dipelihara jika sejak kecil, tetapi jika ditangkap ketika sudah besar sulit untuk dipelihara sehingga di dalam sangkarpun ia tidak mau makan. Burung Enggang Musim banyak terdapat di Sumatra, Jawa dan kalimantan. Di pulau Sumatra dan Kalimantan, adalah jenis Rhytidoceros subruficollus. Sedang di Irian Jaya dan Maluku jenis Rhytidoceros plicatus.

Warna bulu badannya hijau kehitam-hitaman dan ekornya putih. Bulu kepala bagian atas coklat tua. Yang jantan dewasa matanya berwarna jingga, tepi matanya kuning, sedang kulit disekitar matanya merah. Kantung tenggorokan berwarna kuning muda dihiasi pita biru melintang. Pada jenis subruficollus betina, kulit tenggorokan berwarna hijau sedang yang jantan berwarna biru.

Burung Enggang Musim
Burung Enggang jenis Rhytidoceros plicatus warna kepalanya coklat, paruh semu kuning dan bawahnya merah. Di atas paruhnya itu tidak terdapat kepingan, yang betina bulu badannya hitam dan ekornya putih.
Hidupnya berpasangan dan bergerombol 4 sampai 10 ekor, sifat burung ini penakut. Membuat sarangnya di di lubang batang pohon atau di karang, bila tidur ekor dan sayapnya seakan menggantung. Makanan burung Enggang Musim yang dipelihara sejak kecil dapat berupa nasi, kentang rebus atau pisang.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Burung Enggang Musim – Rhytidoceros undulatus"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel