Burung Mahkota – Goura coronate

Burung Mahkota – Goura coronate

Badan burung mahkota l;ebih besar dari bebek. Bentuk dan ukurannya lebh menonjol dari jenis burung lainnya, sehingga banyak orang mengenalnya di taman – taman margasatwa di tanah air kita. Selain itu terkadang juga dipelihara orang. Burung ini pernah diabadikan dalam seri perangko di Indonesia, karena merupakan satwa yang indah tetapi langka. Jenis lainnya dalah Goura Victoria, badannya lebih kecil, kuncungnya lebih besar dan lebih baguskarena bintik – bintik putih menghiasi kepalnya.
Burung mahkota terdapat di Irian Jaya dan pulau – pulau sekitar Irian. Sedang jenis Goura Victoria terdapat di Pulau Kordo, Soek, dan Jabo (di sekitar Irian), dan memiliki mahkota seperti kipas tipis.
Warna Goura coronate berbulu biru kelabu, sayapnya berwarna ungu semu coklat. Pada bagian tengah sayap berwarna putih, seolah pita. Goura Victoria, sayapnya kelabu semu biru. Warna coklat merah melintang seperti pita pada sayapnya. Kepala dan dadanya agak ungu.


Burung Mahkota – Goura coronate

Hidupnya bergerombol di hutan – hutan dan pulau – pulau di sekitarnya. Mereka mencari buah – buahan yang telah jatuh di tanah. Tidurnya di cabang – cabang pohon yang rendah, sehingga mudah ditangkap di malam hari oleh pemburu. Telurnya sebesar telur ayam biasa, yang diletakkan di dalam sarang satu atau dua butir. Sarangnya dibuat bersama antara yang jantan dengan betina dari ranting – ranting yang kecil. Disitulah sang betina mengeram dan menetaskannya. Anaknya yang baru keluar masih buta dan telanjang. Makanannya buah – buahan dan biji – bijian.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Burung Mahkota – Goura coronate"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel