Burung Angsa Laut – Pelecanus

Pelecanus conspicillatus - Australia


Burung angsa laut termasuk ke dalam famili Pelacanidae, di dunia ini terdapat 8 jenis angsa laut. Diantaranya angsa laut paruh berbecak (Pelacanus roseus), angsa laut putih (Pelecanus onocrototalus), dan angsa laut Australia (Pelecanus conspilcillatus). Di Indonesia terdapat jenis Pelecanus philippensis dan roseus. Angsa laut selain di Indonesia juga di Australia dan Filipina. Warna Angsa laut philippensis adalah putih semu dadu, sedangkan jenis roseus berwarna sama, hanya pada bagian dada terdapat bulu yang kuning.

Hidupnya di laut dan danau. Mereka berkawan dan membuat sarangnya di darat atau cabang-cabang pohon. Sarang-sarang itu dibuat dari ranting-ranting yang dilapisi rumput-rumputan. Angsa laut bertelur 1 sampai 5 butir. Anak-anaknya dengan umur yang berbeda-beda dilindungi dan diberi makan di dalam sarangnya. Sayapnya lebar sehingga ia mampu terbang, melayang-layang selama berjam-jam di angkasa.

Makanannya ikan-ikan kecil. Dengan tangkasnya ia menangkap ikan-ikan di laut atau danau dengan paruhnya. Paruhnya dibuka lebar-lebar untuk menyendokikan-ikan tersebut. Setelah paruhnya penuh ikan iapun berlalu, sambil membuang air yang terangkut ketika menyendok dengan paruhnya, hingga hanya tinggal ikan-ikannya saja dalam paruh itu. Kemudian ia menuju ke sarang, menyuapi mangsanya itu kepada anak-anaknya. Dan anak-anaknya segera menyerbu ikan-ikan kecil dalam kantung induk burung angsa laut tersebut

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Burung Angsa Laut – Pelecanus"

Posting Komentar

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel